Gelombang-2 Pelatihan Operator Pengoperasian dan Pemeliharaan Instalasi PLTS Provinsi Maluku

New Zealand Maluku Access to Renewable Energy Support (NZMATES) kembali melakukan Pelatihan Pengoperasian dan Pemeliharaan Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 4-6 Juni 2024 lalu, setelah sebelumnya pelatihan serupa dilakukan di Kabupaten Buru 4-6 Desember 2023 lalu. Pada gelombang kedua ini, peserta pelatihan adalah calon operator PLTS puskesmas dari Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, dan Kabupaten Seram Bagian Timur. Pelatihan lanjutan ini akan terbagi dalam tiga gelombang. Di mana masing-masing gelombang ini dibagi berdasarkan kedekatan lokasi antar kabupaten/kota dan ketersediaan lokasi praktik di ibukota kabupaten/kota. 

Selama tiga hari, peserta pelatihan belajar materi seputaran operasi dan pemeliharaan PLTS di kelas, Laboratorium Mini Grid Pūngao Pattimura Unpatti, dan praktik di instalasi PLTS Puskesmas Latuhalat. Materi ini disampaikan oleh Antoni Simanjuntak Dosen Fakultas Teknik Unpatti, dan staff program NZMATES. Seluruh peserta tampak antusias menyimak seluruh materi yang diberikan oleh pemateri. Mereka juga tak segan untuk bertanya jika ada hal yang dirasa kurang dimengerti. Pun, peserta pelatihan sering bertanya dengan permasalahan yang sering terjadi pada PLTS di puskesmas tempat mereka bekerja. Sehingga, terjadi diskusi yang menarik antara peserta pelatihan dengan pemateri. 

Hal ini sejalan dengan tujuan dari pelatihan tersebut, di mana peserta pelatihan mampu mengoperasikan dan melakukan pemeliharaan secara berkala dengan bekal pengetahuan dasar operasi PLTS. Sehingga pada saat ada masalah pada sistem, bisa diatasi oleh operator dan kedepan bisa berkonsultasi dengan para pemateri jika tingkat kesulitannya lebih tinggi. 

“Praktik-praktik ini nanti harapannya akan memudahkan bapak-bapak pada saat melakukan pemeliharaan. Kemudian kalau memang ada kendala-kendala ringan itu bisa ditangani langsung. Ataupun kalau tingkatnya masih agak sulit bisa nanti koordinasi dengan trainer-trainer atau pelatih yang ada di sini.”, kata Safitri Yanti Baharuddin Program Manager NZMATES pada saat membuka agenda pelatihan. 

Mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, R. S. Waliulu Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan (Yankes) Primer menyampaikan puji syukur dan ucapan terima kasih karena telah menyelenggarakan pelatihan yang sangat penting ini. Beliau menyampaikan bahwa selama 10 tahun terakhir, tidak ada pelatihan serupa baik melalui anggaran APBN maupun melalui APBD sehingga apresiasi setinggi-tingginya kepada program NZMATES yang telah membantu Pemerintah Provinsi Maluku khususnya Dinas Kesehatan untuk pelaksanaan pelatihan operator pengoperasian dan pemeliharaan PLTS di puskesmas. Sehingga nantinya dapat membantu pelayanan dasar pada pelayanan kesehatan tingkat pertama sebagai ujung tombak pembangunan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Dalam rangka mewujudkan kecamatan yang sehat dengan salah satu cirinya yaitu masyarakat mampu menjangkau  pelayanan kesehatan  yang bermutu.”, kata R. S. Waliulu

Kepala Puskesmas Latuhalat, dr. Marisa Lasamahu merasa senang Puskesmas Latuhalat digunakan menjadi lokasi praktik instalasi PLTS. Ia juga berharap ada transfer pengetahuan terhadap operator yang ada disana dan kedepan jika ada masalah, operator dapat mengatasi permasalahan tersebut karena pada beberapa kesempatan, PLTS sempat mengalami masalah dan lampu tidak bisa menyala.

“Harapan kami, nanti bisa dilihat juga katong punya PLTS ini apakah ada masalah sehingga operasinya kurang maksimal untuk pelayanan saat lampu mati.”, kata Marisa saat menyambut peserta pelatihan di Puskesmas Latuhalat. 


Lukman Tehuayo, salah satu peserta training menyampaikan bahwa training ini sangat bermanfaat bagi dirinya pribadi maupun untuk keberlangsungan PLTS yang ada ditempatnya bekerja.

“Ini ilmu yg baru buat saya dalam mengoperasikan dan melakukan perawatan terhadap PLTS yg ada di puskesmas Tehua, apalagi basic saya seorang perawat bukan dari profesi teknis khusus”, kata Lukman.