NZMATES Berikan Pendampingan Penyusunan Dokumen KKP LisDes PLN MMU

New Zealand-Maluku Access to Renewable Energy Support (NZMATES) memberikan pendampingan dalam merancang dan mengkaji kelayakan sistem hibrida pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk 23 lokasi program listrik desa (LisDes) tahun 2023 di Provinsi Maluku. Pendampingan ini diberikan kepada PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara (MMU) pada Senin, 28 Agustus 2023 hingga 1 September 2023 di ruang rapat aula Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Ternate, Maluku Utara.

Forum ini dihadiri oleh staf bidang perencanaan sistem unit induk, staf perencanaan dan pembangkitan UP3 Ambon, Tual, Saumlaki, Ternate dan Tobelo, serta staff UP2K Maluku dan UP2K Maluku Utara. Melalui pendampingan oleh NZMATES, staff dari setiap unit ini melakukan perancangan Load Profile 24 jam berdasarkan hasil survey lapangan dan pemodelan sistem menggunakan perangkat lunak HOMER Pro pada lokasi rencana program LisDes yang akan diimplementasikan di area kerja masing-masing unit. Hasil pemodelan tersebut kemudian dianalisis kelayakan teknis dan finansial untuk nantinya disusun dalam dokumen kajian kelayakan proyek (KKP).

Walaupun waktu yang tersedia untuk menyelesaikan pemodelan sistem pada 23 lokasi ini dirasa kurang, namun selama kegiatan berlangsung seluruh staff PLN MMU yang hadir dapat mengikuti dengan baik setiap tahapan yang dikerjakan. Sehingga semua lokasi dapat selesai sesuai target. Selanjutnya, pendampingan dari NZMATES ini masih akan dilakukan hingga dokumen KKP selesai disusun oleh PLN MMU.